Ujian Proposal Disertasi Atiqoh Mahfud: Mengembangkan Kreativitas Siswa SMP melalui Pembelajaran Proyek Kearifan Lokal Berbasis Socio-Scientific Issues

Surabaya, 22 April 2025 – Program Studi S3 Pendidikan Sains, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kembali menggelar ujian proposal disertasi untuk salah satu mahasiswanya, Atiqoh Mahfud (NIM 23030966010), dengan judul "Pengembangan Model Pembelajaran Proyek Kearifan Lokal Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP". Ujian yang berlangsung pada hari Selasa, 22 April 2025, ini dilaksanakan secara hybrid, dengan penguji hadir baik secara langsung maupun daring, di Smart Classroom Gedung IDB FMIPA Unesa.
Ujian proposal disertasi ini merupakan salah satu tahapan penting dalam proses pendidikan jenjang doktoral, di mana mahasiswa mempresentasikan rencana penelitian yang akan menjadi kontribusi signifikan bagi perkembangan dunia pendidikan. Dalam presentasinya, Atiqoh Mahfud mengemukakan rencana untuk mengembangkan model pembelajaran yang memadukan kearifan lokal dengan isu-isu sosial dan ilmiah, dengan tujuan utama untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif di kalangan siswa SMP.
Sebagai pembimbing, Prof. Dr. Erman, M.Pd. dan Dr. Sifak Indana, M.Pd., memberikan arahan dan masukan konstruktif terkait dengan metodologi, relevansi topik, serta potensi implikasi dari model pembelajaran yang diusulkan. Proses ujian ini tidak hanya bertujuan untuk menilai kelayakan dan kelengkapan proposal, tetapi juga untuk memastikan bahwa penelitian yang diajukan dapat memberikan dampak nyata dalam praktik pendidikan, khususnya dalam pengembangan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan berbasis kearifan lokal dan isu sosial-ilmiah yang relevan.
Selama ujian yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga 11.30 WIB, para penguji menunjukkan perhatian mendalam terhadap konsep dan inovasi yang diajukan oleh Atiqoh Mahfud. Mereka mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang konstruktif, bertujuan untuk mengasah kualitas penelitian yang akan dijalankan dan memperkuat kontribusinya terhadap pendidikan sains di Indonesia.
Dengan dilaksanakannya ujian proposal disertasi ini, diharapkan penelitian yang diajukan oleh Atiqoh Mahfud dapat memberikan terobosan dalam pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kreativitas siswa melalui pembelajaran berbasis isu sosial dan ilmiah yang mendalam serta kearifan lokal yang sangat relevan dengan konteks masyarakat Indonesia.