Review Kelayakan Disertasi Setyo Admoko: Meningkatkan Keterampilan Argumentasi dan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Model Pembelajaran CALM

Surabaya, 22 Januari 2025 – Program Studi S3 Pendidikan Sains, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya mengadakan review kelayakan disertasi atas nama Setyo Admoko (NIM 19070966010), yang berjudul "Pengembangan Collaborative Argumentation Learning Model (CALM) pada Mata Kuliah IPBA untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi dan Berpikir Kritis Mahasiswa".
Review kelayakan disertasi ini dimulai pada 20 Januari 2025 dan dijadwalkan akan berlangsung hingga 7 Februari 2025. Dalam proses ini, disertasi Setyo Admoko akan dinilai oleh tiga reviewer yang memiliki keahlian di bidang pendidikan sains dan metodologi pengajaran. Para reviewer tersebut adalah:
- Prof. Nadi Suprapto, M.Pd., Ph.D. – Universitas Negeri Surabaya
- Dr. Z. A. Imam Supardi, M.Si. – Universitas Negeri Surabaya
- Prof. Dr. Parno, M.Si. – Universitas Negeri Malang
Disertasi yang diajukan oleh Setyo Admoko bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis argumentasi kolaboratif (Collaborative Argumentation Learning Model/CALM) yang diterapkan dalam Mata Kuliah IPBA (Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa) dengan fokus untuk meningkatkan keterampilan argumentasi dan berpikir kritis mahasiswa. Dalam konteks ini, CALM diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam memfasilitasi mahasiswa untuk berkolaborasi, berdiskusi, dan menyampaikan argumen yang terstruktur serta berbasis bukti ilmiah, sehingga memperkaya proses pembelajaran di bidang pendidikan sains.
Sebagai bagian dari proses review, para reviewer akan memeriksa kelayakan metodologi penelitian, keandalan data yang dikumpulkan, serta relevansi dan kontribusi penelitian terhadap pengembangan ilmu pendidikan sains di Indonesia. Hasil dari review ini akan menjadi pertimbangan penting dalam kelanjutan proses ujian disertasi Setyo Admoko.
Melalui review yang ketat dan mendalam ini, diharapkan akan diperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai kontribusi yang dapat diberikan oleh penelitian ini dalam dunia pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan sains, serta keterampilan argumentasi dan berpikir kritis mahasiswa.
Review kelayakan ini merupakan bagian dari tahapan penting dalam proses akademik yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa program doktoral, guna memastikan bahwa disertasi yang diajukan memenuhi standar akademik yang tinggi sebelum akhirnya diterima sebagai disertasi yang sah.