Dody Tisna Amijaya dan Fincensius Oetpah Usung Inovasi Pembelajaran Sains dalam Ujian Disertasi Terbuka S3 Pendidikan Sains Unesa

Surabaya, 23 Januari 2025 – Program Studi S3 Pendidikan Sains, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kembali menyelenggarakan ujian disertasi terbuka. Kali ini, dua calon doktor, Dody Tisna Amijaya (NIM 19070966013) dan Fincensius Oetpah (NIM 20070966003), mengajukan disertasi yang berfokus pada inovasi dalam pembelajaran sains dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
Dody Tisna Amijaya mengajukan disertasi dengan judul "Model Innovative Blended Learning Melalui Pemaknaan (IBLMP) Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Membentuk Karakter Peserta Didik". Dalam disertasinya, Dody menawarkan model pembelajaran inovatif yang menggabungkan blended learning dengan pendekatan pemaknaan. Model ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains serta membentuk karakter positif siswa dalam menghadapi tantangan global. Ujian disertasi Dody dihadiri oleh sejumlah penguji yang terdiri atas pakar dan akademisi dalam bidang yang relevan, yaitu:
- Prof. Dr. Wasis, M.Si.
- Prof. Dr. Suyatno, M.Si.
- Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd.
- Dr. Raharjo, M.Pd.
- Prof. Dr. sc.agr. Yuni Sri Rahayu, M.Si.
- Dr. Rinie Pratiwi, Puspitawati, M.Si.
- Prof. Dr. Suratno, M.Si. (Penguji Eksternal dari Universitas Jember)
Sementara itu, Fincensius Oetpah mengajukan disertasi berjudul "Pengembangan Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal (INSETS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA". Fincensius mengembangkan model pembelajaran yang mengintegrasikan kearifan lokal dalam proses belajar sains. Melalui model INSETS, Fincensius berharap dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA, dengan mengaitkan ilmu pengetahuan modern dengan nilai-nilai budaya lokal yang relevan. Fincensius diuji oleh para ahli pendidikan, di antaranya:
- Prof. Dr. Wasis, M.Si.
- Prof. Dr. Suyatno, M.Si.
- Prof. Dr. Erman, M.Pd.
- Prof. Dr. sc.agr. Yuni Sri Rahayu, M.Si.
- Prof. Dr. Eko Hariyono, M.Pd.
- Dr. Raharjo, M.Si.Prof.
- Dr. Andi Asmawati Azis, M.Si. (Penguji Eksternal dari Universitas Negeri Makassar)
Kedua disertasi ini menawarkan pendekatan baru dalam pembelajaran sains yang bertujuan tidak hanya meningkatkan pemahaman ilmiah, tetapi juga membentuk karakter siswa dan mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam pendidikan. Ujian disertasi ini menjadi ajang penting untuk mengeksplorasi dan mengembangkan model-model pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan dengan kebutuhan pendidikan masa depan.
Dody Tisna Amijaya dan Fincensius Oetpah berharap hasil penelitian mereka dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan sains di Indonesia, serta memberikan solusi atas tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran di era digital dan globalisasi. Ujian disertasi ini terbuka untuk umum dan menjadi momen penting bagi civitas akademika Universitas Negeri Surabaya untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan di bidang pendidikan sains.